Tuesday 3 March 2015

Cara Menghilangkan Stress dalam Hidup?

Cara Menghilangkan Stress dalam Hidup
cara menghilangkan stress dalam hidup
Cara menghilangkan stress dalam hidup?

Cara menghilangkan stress dalam hidup. Membebaskan diri dari stress untuk hidup yang lebih bebas, bisa dilakukan meskipun hanya sedikit meringankan. Namun setidaknya bisa untuk mengimbangi  pikiran agar cepat refresh.

Ketika stress memuncak, maka ada hormon yang menyebabkan terjadinya stress yaitu hormon kortisol. Memiliki sedikit stress di tubuh kita akan memacu kerja dengan adrenalin, sehingga tubuh akan berfungsi lebih baik dalam keadaan sedikit stress. Setiap orang memiliki solusi atau Cara menghilangkan stress dalam hidup.

Lantas bagaimana cara menghilangkan stress dalam hidup. Saya memiliki sebuah tips untuk sobat-sobat pembaca.
  • Awalilah atau cobalah untuk berfikir tentang sesuatu yang menyenangkan. Kenali tubuh sobat, lalu telusuri apa saja kegiatan atau aktivitas yang membuat sobat penat atau pegal, karna itu adalah gejala stress. Cobalah ganti atau mungkin bisa gabungkan antara kegiatan penyebab stress dengan kegiatan yang menyenangkan. Seperti belajar sambil bermain.
  • Pahami bahwa diri sobat masih memiliki waktu untuk menentukan sebuah tindakan atau berfikir dengan matang. Memulai tindakan dengan tergesa-gesa juga cepat meningkatkan kinerja adrenalin yang akan membuat pikiran penuh dan stress.
  • Memastikan bahwa pilihan yang sobat pilih adalah pilihan yang benar-benar sobat pahami spesifikasinya, jelas tujuannya, serta paham manfaat atau akibatnya. Dalam hal ini saya sarankan, lebih baik pakai mode hening. Dalam artian ini sobat berdiskusi dengan diri sobat sendiri tentang sebuah pilihan.
  • Sadari bahwa stress bukanlah sebuah realitas namun stress adalah sebuah persepsi dari pikiran sobat sendiri. Jika sobat bisa menganggap stress adalah sebuah cobaan maka berarti anda memiliki persepsi bahwa stress adalah cobaan. Begitu juga sebaliknya.
  • Kenali suatu pemicu terjadinya stress. Jika sobat merasa ragu ata gelisah maka ingatlah hal apa saja yg membuat sobat stress. Dan bila hal itu muncul kembali, sobat bisa segera mengalihkannya ke hal yang menyenangkan.
  • Nikmati atau hargai setiap pendapat atau asumsi-asumsi yang berasal dari sekeliling sobat dan jangan pernah diambil pusing atau sampai dijadikan masalah.
  • Cari cara untuk menghilangkan stress, seperti mendengarkan lagu favorit, melihat video lucu, bergurau dengan teman sobat, dan seterusnya.
  • Atau gunakanlah obat hati yaitu berdzikir dan sholat karna Allah SWT adalah sumber ketenangan hati dan obat penghilang stress bagi mahluk yang meminta itu.

Stress memiliki dampak yang sangat luarbiasa jika hal itu dibiarkan. Maka kenali hal-hal apa saja yang menjadi pemicu stress dalam hidup sobat. Dan demikianlah tips dari saya tentang cara menghilangkan stress dalam hidup. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi sobat pembaca. Baca  selengkapnya cara menghilangkan stress dalam hidup.

No comments:

Post a Comment